Nasi lengko merupakan makanan khas dari Tegal dan daerah sekitarnya. Makanan ini terkenal dengan khas penyajiannya, yaitu nasi putih (hangat lebih baik) disajikan diatas sebuah piring, kemudian ditambahkan tahu goreng yang dipotong kecil – kecil diatasnya, setelah itu diberi tauge dan timun iris, terahir semua bahan disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat nasi lengko 100% non-hewani, sehingga makanan sederhana ini sarat dengan kalori dan sangat cocok untuk dinikmati oleh kaum vegetarian.

Read more...

Sauto Tauco merupakan sauto khas Tegal. Sauto Tegal berbeda dengan sauto-sauto didaerah lain karena adanya unsur racikan tauco Tegal, yang memiliki sensasi rasa manis, asam dan asin. Tauco Tegal inilah yang membedakan dengan sauto daerah lain.

Sauto Tegal disajikan dalam mangkuk kecil diatas lepek (tatakan piring kecil), isinya mirip dengan sauto lainnya, daging ayam suwir / potongan babad rebus, tauge, bawang prei, brambang goreng dan tentunya sebagai ciri khasnya ditambahkan tauco sebelum disiram kuah, sehingga aroma tauco cukup terasa. Ada satu tempat yang patut diikunjungi jika ingin merasakan nikmatnya Sauto Tauco Tegal, yaitu Warung Moro Tresno atau lebih dikenal dengan sauto Pasar Senggol.

Read more...

Kupat Blengong merupakan kuliner khas Kota Tegal. Apakah blengong itu? Blengong ini adalah jenis hewan hasil perkawinan silang antara bebek (jantan) dan endhog (betina) yang merupakan hasil usaha ternak dari masyarakat Kelurahan Sumur Panggang dan Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana. Blengong ini kemudian diolah menjadi masakan dalam bentuk sate jeroan, daging (sayadan), tulang (balungan) maupun kulit dengan kuah merah yang pedas.

Read more...

Kupat Glabed adalah masakan khas ketupatnya  orang Tegal. Kupat Glabed hampir sama dengan ketupat yang lain, cuma yang membedakan pada kuah yang kental (ngglabed) dengan topping krupuk kuning. Lauk tambahan kupat glabed biasanya sate kikil plus sate kerang. Kombinasi sate kerang dan kuah kuning menjadikan ketupat menjadi lezat.Rasanya yang gurih dan lezat pasti menggugah rasa. Penjual kupat glabed banyak dijumpai di Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan.

Penyajian kupat glabed hampir sama dengan ketupat daerah lain, yaitu potongan ketupat disiram dengan kuah santan kuning kental yang dibubuhi tempe serta diberi topping krupuk mie dan taburan bawang goreng.

Tahu Aci adalah salah satu kuliner khas kota Tegal. Serasa kurang afdol apabila pengungjung Kota Tegal tidak mencicipinya. Tahu Aci yang terkenal di Kota Tegal adalah Tahu AcI Nava Jaya di Jl. Diponegero dan Jl. A.R Hakim serta Tahu Aci Ibu Umi, di Jl. Werkudoro Kota Tegal. Bahkan pedagang asongan di Terminal Tegal pun ikut menjajakan jenis makanan ini didalam bus. Orang luar atau yang bukan berasal dari Kota Tegal biasanya menyebutnya dengan Tahun Tegal atau Tahun Kuping.

Read more...

 

Related Videos

Pengunjung

38201
TodayToday52
YesterdayYesterday201
This_WeekThis_Week253
This_MonthThis_Month2804
All_DaysAll_Days38201
Supported by Dishubkominfo Kota Tegal