sagwan roti

Foto Es Sagwan (sumber foto : https://wisnuwidiarta.files.wordpress.com/2011/04/kuliner-1-4.jpg)

TEGAL- Jika anda berkunjung ke Kota Tegal, tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas yang satu ini. Sama seperti es dawet yang identik dengan Kabupaten Banjarnegara, Es gurih nan segar yang legendaris ini identik dengan Kota Tegal.

Es Sagwan terbuat dari adonan tepung sagu yang dibuat pipih memanjang dipadukan dengan es serut dan sirup manis, sebagai pelengkapnya. Es sagwan sendiri memiliki cita rasa yang manis dan gurih dengan irisan sagu yang bertekstur kenyal dan nikmat. Cocok dinikmati saat cuaca cerah sambil melepas penat setelah asyik berkeliling di Kota Tegal.

Ada 2 (dua) varian warna dari es sagwan yang siap memanjakan lidah para penikmatnya, varian merah muda nan menggoda dan satu lagi varian coklat yang memikat. Ummm yummy…

es sagwan 2 rasa

Foto Es Sagwan dengan 2 varian warna (sumber foto : http://www.imgrum.org/user/tegalculinary)

Konon kabarnya, Es Sagwan ini sudah ada sejak tahun 60an. Nama sagwan sendiri diambil dari nama pembuatnya, Pak Sagwan, yang pertama kali menjual es ini di Kota Tegal. Pak Sagwan sendiri sudah lama meninggal, namun resep pembuatannya sudah diturunkan ke anak-cucu beliau dan menjadi bisnis keluarga yang turun-temurun, sehingga rasa dan kekhasannya terjaga hingga kini.

Versi lain dari penamaan Es Sagwan adalah karena berasal dari bahan utama pembuatannya, yaitu tepung sagu, menurut cerita, awalnya kuliner yang satu ini disebut es sagu, kemudian untuk mempermudah pelafalan berkembang menjadi es saguan/sagwan. Ada pula yang menyebutkan asal namanya dari singkatan kata Seger Adem Glenggem Wangi Ancleng Nlaket. Yang berarti Segar, Adem, (ringan di) teguk, wangi, manis dan kental lagi kenyal, merujuk pada tekstur dan rasa dari minuman khas ini. Bagaimana, penasaran kan?

Jika anda tertarik mencicipi Es Sagwan ini, segera kunjungi lokasi penjualnya di alamat berikut ini, dijamin anda bakalan ketagihan deh. Jadi Selamat mencoba..

Lokasi Penjualan Es Sagwan Kota Tegal :

  1. Jalan KS Tubun Kota Tegal, sebelah selatan RSUD Kardinah
  2. Jalan AR Hakim Kota Tegal (sebelah Toko Sepeda Norton)
  3. Jalan Srigunting Kelurahan Randugunting Kota Tegal
  4. Jalan Cendrawasih Kota Tegal
  5. Jalan Sumbodro, depan SMA N 3 Kota Tegal

Nasi lengko merupakan makanan khas dari Tegal dan daerah sekitarnya. Makanan ini terkenal dengan khas penyajiannya, yaitu nasi putih (hangat lebih baik) disajikan diatas sebuah piring, kemudian ditambahkan tahu goreng yang dipotong kecil – kecil diatasnya, setelah itu diberi tauge dan timun iris, terahir semua bahan disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat nasi lengko 100% non-hewani, sehingga makanan sederhana ini sarat dengan kalori dan sangat cocok untuk dinikmati oleh kaum vegetarian.

Read more...

Sauto Tauco merupakan sauto khas Tegal. Sauto Tegal berbeda dengan sauto-sauto didaerah lain karena adanya unsur racikan tauco Tegal, yang memiliki sensasi rasa manis, asam dan asin. Tauco Tegal inilah yang membedakan dengan sauto daerah lain.

Sauto Tegal disajikan dalam mangkuk kecil diatas lepek (tatakan piring kecil), isinya mirip dengan sauto lainnya, daging ayam suwir / potongan babad rebus, tauge, bawang prei, brambang goreng dan tentunya sebagai ciri khasnya ditambahkan tauco sebelum disiram kuah, sehingga aroma tauco cukup terasa. Ada satu tempat yang patut diikunjungi jika ingin merasakan nikmatnya Sauto Tauco Tegal, yaitu Warung Moro Tresno atau lebih dikenal dengan sauto Pasar Senggol.

Read more...

Kupat Blengong merupakan kuliner khas Kota Tegal. Apakah blengong itu? Blengong ini adalah jenis hewan hasil perkawinan silang antara bebek (jantan) dan endhog (betina) yang merupakan hasil usaha ternak dari masyarakat Kelurahan Sumur Panggang dan Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana. Blengong ini kemudian diolah menjadi masakan dalam bentuk sate jeroan, daging (sayadan), tulang (balungan) maupun kulit dengan kuah merah yang pedas.

Read more...

Kupat Glabed adalah masakan khas ketupatnya  orang Tegal. Kupat Glabed hampir sama dengan ketupat yang lain, cuma yang membedakan pada kuah yang kental (ngglabed) dengan topping krupuk kuning. Lauk tambahan kupat glabed biasanya sate kikil plus sate kerang. Kombinasi sate kerang dan kuah kuning menjadikan ketupat menjadi lezat.Rasanya yang gurih dan lezat pasti menggugah rasa. Penjual kupat glabed banyak dijumpai di Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan.

Penyajian kupat glabed hampir sama dengan ketupat daerah lain, yaitu potongan ketupat disiram dengan kuah santan kuning kental yang dibubuhi tempe serta diberi topping krupuk mie dan taburan bawang goreng.

 

Related Videos

Pengunjung

42697
TodayToday16
YesterdayYesterday72
This_WeekThis_Week291
This_MonthThis_Month878
All_DaysAll_Days42697
Supported by Dishubkominfo Kota Tegal